yes

Resep Membuat Bakwan Jagung Jogja, Tidak Keras Ketika Dingin

0 Comments

Siapa yang tidak tau bakwan jagung ? Gorengan satu ini merupakan salah satu cemilan gorengan paling admin suka. Apalagi kalau bakwannya tebal, kenyal tidak keras, dimakan sama cabai mantap sekali. Bakwan Jogja terkenal lebih tebel jika dibandingkan dengan bakwan jagung manado yang tipis dan renyah. Cara pembuatannya pun berbeda, begitu pula dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya.

Dan kali ini admin akan berbagi resep tentang cara membuat bakwan jagung supaya tidak keras saat sudah dingin. Berikut ini bahan-bahan yang digunakan dan cara membuatnya :

Bahan :

2 buah jagung manis, sisir bijinya
1 buah wortel ukuran sedang
2 batang daun bawang
2 batang seledri
10 sdm tepung beras
7 sdm tepung terigu
½ sdt baking powder
150 ml air
1 butir telur
4 siung bawang putih, haluskan
1 sdt garam
½ sdt merica bubuk
½ sdt ketumbar bubuk
1 sdt gula pasir
1 sdt kaldu bubuk non MSG (bisa skip)

Cara Pembuatan :

1. Pertama cuci bersih terlebih dahulu semua sayuran, kemudian sisir jagungnya dengan pisau tajam. Parut kasar wortel atau bisa juga potong tipis-tipis. Potong seledri dan juga daun bawangnya. Campur semuanya dalam satu wadah. Kemudian tambahkan tepung terigu, tepung beras, serta semua bumbu, dan masukan air, aduk sampai rata.

2. Lalu tambahkan telur, aduk hingga rata. Cicipi rasanya dan sesuaikan dengan selera manis asinnya.

3. Selanjutnya panaskan penggorengan, tuangkan minyak agak banyak. Ambil 1 sendok sayur adonan yang sudah jadi tadi, tuang ke minyak panas secara perlahan. Goreng dengan sekali balik saja sampai warna keemasan, angkat lalu tiriskan.

4. Apabila sudah ditiriskan, kemudian sajikan bakwan jagung tersebut. Dengan penambahan telur didalam adonan maka akan membuat bakwan jagung tersebut tetap kenyal tidak keras ketika dingin.

Jangan lupa juga saat menggoreng api jangan terlalu besar, kecil saja dan usahakan minyak agak banyak. Sajikan bakwan jagung dengan cabai rawit biar tambah maknyus. Selamat mencoba !!

Categories:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *